Iman Berdimensi Sosial

Loading

Jumat, 3 Maret 2023

Yehezkiel 18:21-28

Mzm 130:1-2.3-4ab.4c-6.7-8

Bacaan Injil Matius 5:20-26

Rekan-rekan kasih Kristus, kita pasti pernah mendengar ada orang katolik yang rajin dan tekun namun masih berbuat jahat. Di dalam gereja, orang tersebut sangat menghayati misa, selalu datang lebih awal , dan juga rajin mengikuti kegiatan-kegiatan gereja. Namun orang tersebut sangat membenci orang lain yang tidak pernah ke gereja. Dia selalu membicarakan orang lain yang tidak pernah ke gereja dan membanggakan dirinya yang selalu rajin ke gereja.

Teman-teman Kristus, apakah rajin ke gereja telah membuat kita lupa akan diri sendiri. Apakah rajin mengikuti kegiatan gereja telah mengubah diri kita menjadi orang Farisi? Apakah selama ini tujuan kita rajin ke gereja agar mampu merendahkan orang lain yang tidak datang ke gereja? Tindakan kita yang seperti itu belum menunjukkan bahwa iman kita telah dewasa. Kita sudah sepantasnya untuk mengajak orang lain ke gereja bukan malah merendahkannya.

Hari ini Yesus mengingatkan kita bahwa sudah seharusnya kita menjunjung hidup sosial kita. Tidak dapat dipungkiri bahwa orang lain adalah bagian dari hidup kita. Kita tidak mampu berjuang sendiri, kita tidak mampu untuk hidup sendiri. Melalui injil Tuhan, kita semua diharapkan memiliki iman berdimensi sosial. Iman yang mau bergandeng tangan dan bukan saling merendahkan. Semoga segala usaha dan niat baik kita selalu diberkati oleh Tuhan.

Fr Albertus Andre

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!