Rangkaian Kegiatan Rapat Kerja Komisi Liturgi Regio Jawa 

Loading

KEUSKUPANBOGOR.ORG- Usai berturut-turut menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tingkat Regio Jawa, kali ini Keuskupan Bogor kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Komisi Liturgi Keuskupan di Regio Jawa yang dilaksanakan pada 5-7 September 2023 berlokasi di Rumah Retret Samadi Shalom, Sindanglaya, Jawa Barat. 

Peserta yang hadir berjumlah 33 orang yang berasal dari tujuh keuskupan yang berada di Pulau Jawa yaitu; Keuskupan Agung Semarang, Keuskupan Malang, Keuskupan Surabaya, Keuskupan Purwokerto, Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Bandung dan Keuskupan Bogor. 

Rangkaian kegiatan diawali dengan Misa yang dipimpin oleh RD Yohanes Suparta selaku Vikaris Jenderal Keuskupan Bogor, didampingi oleh RD Yohanes Sunaryadi selaku Koordinator Komisi Liturgi Regio Jawa, dan RD Paulus Haruna selaku Ketua Komisi Liturgi Keuskupan Bogor. 

Usai Misa, kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing peserta dan pemaparan materi yang berjudul “Katekese Liturgis” dari RD Fabianus Sebastianus Heatubun. 

Rekreasi Bersama 

Mengawali kegiatan di hari kedua, dilaksanakan Misa pagi yang dipimpin oleh RD Gregorius Prima Dedy Saputro, Pastor Diosesan Keuskupan Agung Semarang. Usai Misa, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian aktualia dari masing-masing keuskupan. 

Kemudian para peserta pun melakukan rekreasi bersama ke Taman Safari, Cisarua. Tampak para peserta bersukacita dan bergembira bersama. 

Setelah rekreasi bersama, kegiatan pun dilanjutkan dengan pemaparan materi berjudul “AAP&APP: Perwujudan Dari Pengungkapan Iman Dalam Perayaan Ekaristi” yang disampaikan oleh Peter Suriadi. 

Rekomendasi dan Rencana Tindak Lanjut 

RP Riston Situmorang, OSC selaku Sekretaris Eksekutif Komisi Liturgi Konferensi Waligereja Indonesia menyampaikan beberapa poin seperti kepengurusan Komisi Liturgi Regio Jawa, tindak lanjut kegiatan dan rekomendasi kegiatan Komisi Liturgi di masing-masing keuskupan. 

Menutup seluruh rangkaian kegiatan rapat kerja dipaparkan rekomendasi  rapat kerja Komisi Liturgi Regio Jawa serta penandatanganan oleh masing-masing Ketua Komisi Liturgi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
Enable Notifications OK No thanks