Perayaan Pesta Perak Imamat Romo Dominikus Savio Tukiyo di Paroki Hati Kudus Yesus, Jonggol

Loading

25 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 29 Juni 1999, pada hari Raya peringatan Santo Petrus dan Santo Paulus,
RD Dominicus Savio Tukiyo ditahbiskan menjadi seorang imam diosesan Keuskupan Bogor dengan motto atau semboyan “Oleh Rahmat Allah kami telah menerima pelayanan ini” (2 Korintus 4:1a).

Tahbisan presbiteriat beliau dilaksanakan di Gereja Kristus Raja Paroki Serang, gereja yang sudah berdiri sejak 1955 dengan nama Kristus Salvatore.

Setelah bertugas di beberapa paroki selama dua puluh tahun, maka sejak awal 2021 Romo Tukiyo bertugas sebagai Romo paroki di Gereja HKY Jonggol yang baru diresmikan menjadi paroki pada 13-14 Juli 2019 dan menggembala sekitar 2000 lebih umat.

Di masa pastur Tukiyo muda, ketika umat di Jonggol masih mengadakan misa dari rumah ke rumah atau di ruko Bukit Menteng di awal tahun 2000, Romo Tukiyo pernah juga menjadi pemimpin misanya atau sebagai pastur tamu. Dan ini menjadi kenangan tersendiri bagi beberapa umat senior atau sesepuh di Jonggol ini di antaranya Bapak Y. Sukadi yang menyambut dengan sukacita kehadiran Romo menjadi pastur kepala paroki menggantikan Romo Suradi yang melanjutkan karya di Gereja Kristus Raja Serang.

Selama hampir 4 tahun penggembalaan Romo, ada beberapa ketentuan yang diberlakukan. Diantaranya adalah diadakan misa requiem di dalam gereja bagi semua umat yang meninggal dunia. Hal ini merupakan sesuatu hal yang sangat bermakna bagi keluarga umat yang meninggal tersebut. Juga beberapa ketentuan lain yang awalnya cukup mengagetkan umat, namun dapat diterima karena umat percaya apa yang diinginkan sang pastur untuk kebaikan.

Pada kesempatan setelah misa sore Minggu biasa ke 13, 30 Juni yang dikhususkan juga untuk merayakan Imamat ke 25 beliau dengan konselebran bersama Vikjen RD Y. Suparta, RD Aloysius Tri Harjono, Romo Robertus Eeng Gunawan, RD Marcellinus Wahyu, dan RD P. Pera Arif S, umat Paroki HKY merayakan dan memeriahkan peringatan ini dengan ramah tamah yang diiringi hiburan musik.

Banyak umat dan lingkungan memberikan kado spesial kepada pastur yang rendah hati, jujur apa adanya, dan bisa melucu ini.

Seorang umat yang juga aktif sebagai tim Komsos HKY Lusia Trudy Subik memberikan hadiah berupa sebuah buku kenangan setebal 100 halaman berisi foto-foto Romo dalam berbagai kegiatan bersama umat. Dalam buku tersebut, 32 umat (yang diharapkan bisa mewakili seluruh umat) menyampaikan pesan dan kesan untuk Romo Tukiyo.

Bapak M. Agus Muhardi, wakil DPP Paroki BMV Katedral sejak 2016 hingga 2021, menyampaikan bahwa Romo seorang pemimpin dan teman seperjalanan yang asyik diajak diskusi terkait pelaksanaan pastoral.

Ibu Susi Yuliana Kepsek di Sekolah Santo Yoseph Harvest City Bekasi yang sudah mengenal beliau sejak sekolah menengah di Yogyakarta, menulis bahwasanya Romo sejak sekolah dulu sudah baik dan ramah kepada siapa saja sehingga hingga kini Romo selalu dikelilingi oleh orang -orang baik.

Agnes Marilyn, redpel Komsos BMV Katedral yang terpilih menjadi Putri Bogor (Mojang Pinilih 1) dalam ajang Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Bogor tahun 2023) menceritakan pengalamannya bahwa Romo Tukiyo Romo yang tampak menakutkan di awal namun ternyata sangat ramah.

Endro Sarwono, wakil Ketua DPP HKY mengucapkan terima kasih karena kehadiran Romo memberi pengaruh positif yang besar.

Sementara, adik kelas beliau ketika kuliah di Universitas Parahyangan Bandung, Dinar Subagyo mengungkapkan bahwa Romo Tukiyo pribadi yang mau bergaul dengan adik kelas, dan ketika bertemu kembali di BMV, beliau sebagai Romo paroki dan ia sebagai DPH, Romo adalah organisatoris yang memegang teguh visi dan misi yang terarah.

Tak ketinggalan Arabella Limbong siswi kelas 3 SD memberikan komentar bahwa Romo baik dan suka kepada anak-anak.

Sebagian besar umat, khususnya yang duduk di Dewan, tampaknya seragam memberikan penilaian bahwa beliau adalah pastur yang ketat dan tegas, tertib administrasi dalam segala hal. Terinci, terstruktur, terencana dan terlaksana dengan baik.

Selamat pesta perak imamat Romo 2QYo , selalu penuh sukacita dalam menggembala umat.

tim komsos hky
Fransiska Fajariani
Doc Teddy, Ardo, Rendy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Enable Notifications OK No thanks