Mgr Paskalis Sambut Gembira Retret Para Imam UNIO Bogor

Ambarawa – keuskupanbogor.org : “Saya bersyukur banyak imam yang hadir dan ikut retret ini. Terima kasih juga Mgr Datus berkenan untuk menjadi pendamping kami”. Demikianlah ungkapan kegembiraan Bapa Uskup Mgr Paskalis tatkala diminta Romo Marsel (Ketua UNIO) untuk memberi sambutan pembukaan retret imam UNIO Keuskupan Bogor (senin, 22/7).

Bapa Uskup Mgr Paskalis menyambut gembira kehadiran para imam dalam retret UNIO 2019.

“Saya berharap retret ini menjadi kesempatan bagi kita untuk menimba kekuatan dan kekayaan ilahi”, harap Bapa Uskup kepada segenap imam yang hadir. “Terima kasih atas kesedian para imam meninggalkan sejenak kesibukannya untuk ikut retret ini,” tambahnya.

“Saya bersyukur 90% imam hadir dan Bapa Uskup pun berkenan ikut serta,” tutur Romo Marsel usai sambutan Bapa Uskup sebelum menyerahkan semua rangkaian acara kepada Bapa Uskup Mgr Datus Lega sebagai pendamping retret.

Retret yang dibuka dengan ibadat sore bersama ini akan berlangsung hingga Jumat (26/7) nanti. Mgr Datus sebagai pendamping retret mengajak para imam untuk merenungkan tiga tema utama retret sebagai imam, yaitu: Ajaran Sosial Gereja, Spiritualitas Akar Tunggang (Imam Diosesan), dan Spiritualitas Penyertaan Tuhan dalam Panggilan.

Mgr Hilarion Datus Lega menjadi pendamping retret para imam UNIO Keuskupan Bogor, 22-25 Juli 2019 di Rumah Retret St Maria Pangesthi Wening, Ambarawa (Foto : RD David)

“Terima kasih sudah memilih saya sebagai pendamping retret yang profesional. Ketika diminta Romo Habel via SMS, tanpa lihat agenda saya langsung balas ‘bisa’,” tutur uskup yang ditahbiskan pada 7 September 2003 ini.

“Saya profesional dalam retret para suster”, lanjutnya yang disambut pecah tawa para imam.

Uskup yang terpilih pada usia 46 tahun ini mengemas retret para imam ini dalam rangkaian ekaristi, ibadat harian (brevir), sesi, sharing kelompok dan sharing emaus.

Makan malam bersama menjadi salah satu momen saling meneguhkan persaudaraan dan pastoral para imam. (Foto : RD David)

“Mgr Paskalis adalah uskup ke-6 yang ikut retret saya”, tutur Uskup Keuskupan Manokwari Sorong ini sambil menyebutkan deretan uskup lainnya seperti Mgr Pandoyo, Mgr John Liku Ada, Mgr Suwatan, Mgr Mandagi, Mgr Agustinus Agus. “Semoga saya masuk surga”, kelakarnya yang ditimpali dengan tawa para imam.

Selamat menjalani retret para imam UNIO Keuskupan Bogor. Semakin setia dan mantap dalam panggilan dan karya perutusan.

(RD David)

2 thoughts on “Mgr Paskalis Sambut Gembira Retret Para Imam UNIO Bogor

  1. Lucia says:

    Selamat menjalankan retret Bapa Uskup dan para Imam … Semoga selalu diberikan rahmat kesehatan, semakin setia dalam menjalankan panggilan Imamatnya, serta selalu memberikan dan menjadi berkat bagi sesama. Amin. 🙏🤗

  2. Agustiyanto says:

    Selamat retret para Romo Unio Keuskupan Bogor, semoga semakin teguh dlm menghadapi tantangan dlm pelayanan jaman kini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.