Jalan Memperoleh Kebahagian Kekal

Senin  27April 2020

Pekan III Paskah

Bacaan I :  Kis 6: 8-15

Bacaan Injil : Yoh 6: 22-29

 

Setiap orang di dunia ini berproses dan berusaha untuk mendapatkan kebahagiaan. Terkadang kebahagiaan yang mereka dapat adalah kebahagiaan duniawi yang sifatnya sementara. Walau sulit dan semu, mereka tetap mencari hal-hal yang nampaknya akan memudahkan mereka mendapat kebahagiaan. Parahnya, setelah memperoleh semuanya, manusia justru tidak tau bagaimana menggunakannya.

 

Injil pada hari ini hendak menunjukan bahwa kebahagiaan bukanlah hanya berasal dari dunia saja tetapi berasal dari Allah, kebahagiaan kekal. Orang banyak yang ingin bertemu Yesus beranggapan bahwa dekat dengan Yesus akan mendapat kebahagiaan duniawi semata-mata. Namun Yesus berkata lain, kebahagiaan yang ditawarkannya bersifat kekal. karena itu manusia harus bekerja dan  memperjuangkannya. Caranya ialah dengan mendengarkan dan mengikuti Kehendak Allah.

 

Bekerja dengan percaya kepada Yesus untuk mendapatkan kebahagiaan kekal berarti mengikuti apa yang dilakukan dan dikatakan Yesus. Oleh sebab itu kita pun berani mau menderita memikul salib bersama Yesus, dan mengikuti perintah Injil hingga kebahagiaan kekal dapat kita peroleh. Pada akhirnya kita pun berkata bahwa untuk mencapai kebahagiaan adalah dengan Jalan Penderitaan. Kejadian yang kita alami saat inti terkait dengan wabah COVID-19 merupakan suatu pendertiaan bagi kita semua, namun kita yakin dibalik ini semua ada suau proses pendalaman hati, pikiran dan jiwa untuk menjadi pribadi yang tangguh dan untuk mencapai kebahagiaan yang telah disiapkan Allah lewat penebusan yang dilakukan Putra-Nya. Oleh sebab itu marilah kita percaya aka apa yang Yesus lakukan.          Fr. Albertus Aris Bangkit Sitohang

 


Allah Bapa di surga kami sungguh berterimakasih atas kebahagiaan yang kau janjikan melalui perantaraan Putra-Mu. Semoga kami senantiasa mengikuti Putra-Mu untuk mencapai kebahagiaan kekal bersama-Mu. Dengan perantaraan Kristus Tuhan kami. Amin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: