Sibuk Mengatur Tuhan

Renungan Harian
Sabtu, 3 Oktober 2020
Bacaan : Ayub 42 : 1 -3. 5-6. 12-17
Injil : Lukas 10 : 17-24

Aku bersyukur kepada-Mu, ya Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Kausembunyikan bagi orang bijak dan pandai, tetapi Kaunyatakan kepada orang kecil.

lukas 10 : 21

Titik bahagia orang berbeda-beda. Tidak ada hak kita untuk membandingkan tingkat kebahagiaan seseorang dengan idealnya kita.

“Ah kayak gitu aja dah seneng, biasa aja kali. Lebay.”

Ungkapan itu sering mungkin terucap karena kita memposisikan diri dengan tingkat kebahagiaan kita.

Karya-karya Allah dinyatakan kepada orang kecil. Bukan kepada orang bijak dan pandai (Bdk. Lukas 10:21). Mengapa? Orang bijak dan pandai terlalu menaruh titik ideal menurut pemikirannya sementara orang kecil tak berharap banyak. Apapun diterima dan disyukuri.

Hidup manusia terkadang disibukkan dengan titik ideal yang tak jarang akhirnya :”Manusia mengatur Tuhan”. Tuhan lebih banyak memberi kepada manusia sampai akhirnya manusia lupa mensyukuri.

Tuhan akan semakin dikenal secara mendalam ketika proses pergumulan hidup diolah secara personal. Butuh waktu yang lebih, hati yang siap diaduk-aduk, pengharapan yang tak kunjung putus, dan semangat yang tak pupus.

Terlalu banyak hati dan pikiran ini meminta sementara Tuhan beri terus menerus. Kini saatnya kita rem diri; menjadi pribadi yang tahu bersyukur daripada memohon terus menerus seolah Tuhan tidak tahu kondisi hidup kita.

Tuhan terima kasih segala anugerah-Mu sepanjang hidupku. Terlalu banyak pemberianmu hingga kadang kulupa apa saja yang perlu kulihat dan syukuri. Ajar kami menerima segala yang terjadi hari ini dalam rasa syukur. Amin

Semoga Allah yang Mahakuasa memberkati saudara sepanjang hari ini, Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
(Mari kita doakan pula para imam pada Sabtu Imam ini dengan 3 x Salam Maria)

(RD David)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.