Menyusahkan Diri

Renungan Harian
Selasa, 4 Oktober 2020
Bacaan :Galatia 1 : 13-24
Injil : Lukas 10 : 38 - 42

Engkau kuatir dan menyusahkan dirimu dengan banyak perkara, padahal hanya satu saja yang perlu.

Lukas 10 : 41

Tuhan Yesus datang mengunjungi Maria dan Martha. Keduanya menyambut kedatangan Tuhan dengan cara yang berbeda. Martha sibuk melayani layaknya sebagai nyonya rumah yang baik sementara Maria duduk di kaki Tuhan.

Tuhan sering berkunjung ke dalam hidup kita. Dalam setiap doa, peristiwa, peran,tugas, dan tanggung jawab, Tuhan ada beserta kita.

Tuhan datang sejatinya untuk membuat manusia tenang tetapi mengapa bahkan saat bersama Tuhan pun kita masih sibuk sendiri?

Tuhan datang berkunjung tetapi mengapa hati dan pikiran masih gaduh dan gemuruh dengan persoalan dan pergumulan seolah Tuhan tak paham situasi yang terjadi ?

Saat kita tengah berdoa mengapa pikiran kita masih sibuk dengan berbagai kemelut dan kekalutan hidup. Saat kita sudah masuk dalam Misa (meski streaming sekalipun) mengapa kita masih gaduh dengan situasi sekeliling : notifikasi yang tak berhenti dan aneka distraksi.

Kunjungan dan lawatan Tuhan menandai Dia sungguh tahu situasi kita dan hanya ingin kita diam, pandang, dengar, simpuh dan sujud di kaki-Nya seperti Maria.

Refleksi :
Apa yang membuat kita saat ini sulit untuk tenang dalam menerima kunjungan Tuhan?

Doa :
Tuhan ajarlah kami bisa diam dan tenang di dalam Engkau, sekalipun hidup kami tengah dilanda banyak persoalan dan pergumulan. Bantulah kami agar kami memilih satu saja yang perlu yaitu percaya penuh pada penyelenggaraanMu. Amin

One thought on “Menyusahkan Diri

  1. Dyah Nur'ainingsih says:

    Puji TUHAN
    Hanya sejenak diam merenung tenang
    Merasakan kasih TUHAN Yesus yg tdk pernah terlambat, tepat pada waktuNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.