Bergunjing

Renungan Harian
Rabu, 4 November 2020
PW St Karolus Borromeus, Uskup
Bacaan : Filipi 2 : 12-18
Injil : Lukas 14 : 25-33

Lakukanlah segala sesuatu tanpa bersungut-sungut dan berbantah-bantahan.

Filipi 2 : 14

Tugas, peran dan tanggung jawab idealnya dilakukan dengan sepenuh hati, tuntas dan totalitas. Namun demikian terkadang pula ada situasi-situasi dimana kita harus melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita di luar kehendak kita.

Sebuah pekerjaan yang sederhana dan kecil akan tampak sangat berat saat dilakukan dengan hati yang jengkel dan mangkel; memberi uang parkir yang tak seberapa harus disertai hati yang bergunjing karena petugas parkir yang tampak datang tiba-tiba saat kendaraan hendak beranjak.

Rasul Paulus berpesan agar kita dapat melakukan setiap tugas dengan ikhlas hati. Rupanya pekerjaan yang dilakukan dengan ikhlas akan menjadi berkat; bukan menjadi berat.

Hal yang sama juga kita lakukan dalam mengikut Yesus. Ada saatnya kita mendapat, ada saatnya kehilangan. Ada saatnya mujur, adanya saatnya harus mundur. Namun dibalik itu semua, mampukah untuk bisa menerimanya dengan tenang dan ikhlas hati terlebih saat yang paling tidak enak?

Refleksi:
Apakah beban pekerjaanku terasa berat atau perasaan hatiku sedang tidak damai dan tenang? Bagaimana relasi hatiku dengan Tuhan saat ini?

Doa:
Tuhan ajarlah kami sepanjang hari ini menjalankan tugas, karya, peran, pelayanan dan tanggung jawab kami dengan ikhlas dan ringan hati. Jika ada yang mengganggu biarlah kami lambat untuk marah namun cepat dalam mengasihi dan mengampuni. Amin

Berkat :
Semoga karya, pelayanan, tugas, tanggung jawab dan orang-orang yang kita jumpai hari ini diberkati oleh Allah yang Mahakuasa : Dalam Nama Bapa, dan Putera dan Roh Kudus. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.