Tahun Pastoral 2021, Tahun Evangelisasi Transformatif

Bogor – keuskupanbogor.org : Bapa Uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur mengajak seluruh elemen Keuskupan Bogor (imam, rohaniwan/wati, DPP, DKP, Pimpinan Sekolah, Yayasan, Rumah Sakit dan seluruh umat) menghidupkan semangat Tahun 2021 sebagai “Tahun Evangelisasi Transformatif”.

Lewat Surat Gembala yang diterbitkan pada 28 Desember 2020, Bapa Uskup mengarahkan agar 2021 ini menjadi satu perjalanan Gereja Keuskupan Bogor yang bertahan, berkembang dan berinovasi di tengah masa pandemi yang belum berakhir ini. Mgr. Paskalis mendorong agar umat disiplin menjalankan protokol kesehatan sambil tetap menjaga esensi hidup beriman dan hidup sosial dalam semangat Pancasila.

Surat Gembala ini diramu dengan tema “Evangelisasi Gereja demi Masyarakat Pancasila yang Transformatif”. Di tahun 2021, umat diajak untuk menjumpai Yesus melalui pendalaman Kitab Suci sebagai landasan hidup, sebab “Gereja tetap muda (energik dan dinamis) apabila Gereja kembali hidup berdasarkan Firman Tuhan, Ekaristi, kehadiran Kristus, dan kehadiran Roh Kudus setiap hari … (dan) terus-menerus kembali pada sumbernya.”

Gereja Keuskupan Bogor harus bergerak keluar, berpartisipasi aktif dalam membangun tatanan hidup bersama sebagai masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, seluruh elemen Keuskupan Bogor harus mengupayakan transformasi ini melalui cara-cara seperti memperkuat akses komunikasi dengan pemerintah, mengembangkan jejaring relasi dalam masyarakat, dan kolaborasi lintas agama.

Semua usaha ini perlu didukung dengan kompetensi yang mendukung terwujudnya persaudaraan insani yang sejati. Seluruh komisi di Keuskupan Bogor harus bergerak bersama untuk membantu umat menumbuhkan pemahaman mengenai kondisi sosial-ekonomi-budaya Indonesia dan semangat bermisi, terutama dalam diri kaum muda. Keluarga dan sekolah diharapkan menjadi sarana pendidikan yang memampukan anak-anak untuk tumbuh sebagai pribadi yang tidak hanya menguasai pengetahuan, melainkan juga sungguh menghayati nilai-nilai kemanusiaan, mampu menemukan kebenaran sejati, dan berkontribusi bagi Gereja serta bangsa dan negara.

Unduh dan baca Surat Gembala secara lengkap di sini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: