Kebiasaan

Renungan Harian 
Kamis, 7 Januari 2021
Hari Biasa Setelah Penampakan Tuhan
Bacaan : 1 Yohanes 4 : 19- 5:4
Injil : Lukas 4 : 14-22

Dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

Lukas 4 : 16

Kebiasaan dapat menjadi sebuah penunjuk identitas pribadi. Ia dapat memberikan informasi perihal budaya, profesi, karakter, ciri khas personal, dan sebagainya.

Kebiasaan yang dilakukan oleh Yesus menjadi gambaran pendidikan dan teladan orang tuanya, budaya dan agamanya, kecintaan dan kepatuhannya serta prioritas hidup dan karakternya.

Penginjil Lukas dalam perikopnya hari ini menyampaikan salah satu kebiasaan Yesus yaitu merayakan hari Sabat, masuk rumah ibadat dan membaca Alkitab.

Bagaimana dengan kebiasaan kita masing-masing. Apakah kebiasaan kita sudah menunjukkan keutamaan hidup kita sebagai orang beriman kepada Kristus? Apakah kebiasaan kita sudah menampilkan peran, tugas dan tanggung jawab kita sebagai seorang pribadi dengan segala atribut yang menyertainya?

Terkadang kita kerap mengabaikan hal-hal yang seharusnya menjadi sebuah kebiasaan. Hal-hal yang seharusnya menjadi sesuatu yang biasa dapat menjadi beban dan sangat berat karena kita tidak membiasakannya.

Refleksi
Coba telaah kebiasaan kita sebagai pribadi yang beriman, anggota dalam keluarga, dan anggota dalam masyarakat! Apakah kebiasaan itu positif dan membangun?

Doa
Allah Bapa yang Mahamurah, terima kasih atas anugerah hari baru ini. Bantulah kami agar mampu menumbuhkan, menjaga dan meneladankan kebiasaan yang baik bagi diri sendiri, keluarga dan banyak orang. Amin

Berkat
Semoga sepanjang hari ini kita dibimbing dan diberkati oleh Allah yang Mahakuasa untuk menampilkan kualitas dan kebiasaan terbaik kita : Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: