Gereja : Persekutuan dan Perjuangan bersama Allah

            Kamis, 15 April 2021 merupakan hari yang penuh syukur untuk Keuskupan Sufragan Bogor oleh karena diresmikannya Kuasi Paroki Bunda Maria Ratu menjadi Paroki Bunda Maria Ratu – Sukatani, Depok. Dengan demikian, bertambah 1 lagi paroki yang baru di wilayah Keuskupan Sufragan Bogor. Pada peristiwa ini,  diberkati pula gedung pastoran yang baru yang tidak jauh dari lokasi tanah milik paroki yang rencananya akan menjadi lokasi gedung gereja.

            Acara diawali dengan Misa yang dipersembahkan oleh Mgr Paskalis Bruno Syukur beserta 12 Imam yakni 10 dari Keuskupan Bogor serta satu dari Pematang Siantar yakni Romo Yustinus Slamet dan Romo Swasono SJ.

Dalam homilinya, Mgr Paskalis Bruno Syukur mengatakan bahwa hari ini merupakan hari yang istimewa untuk paroki ini dan juga untuk keuskupan. Bapa Uskup lebih lanjut mengatakan, bahwa: peristiwa ini merupakan peristiwa perjuangan dan persekutuan kita bersama Allah. Ini adalah perjuangan kita sebagai anak-anak Allah. Berbagai tantangan yang ada hendaknya dihadapi sehingga semakin dihidupi dan dihayati oleh umat di paroki ini sebagai manusia yang percaya pada Allah. Kita sebagai umat beriman hendak percaya dan taat kepada Allah dan bukan kepada manusia. Sebagai anak Allah mari memberitakan yang baik bagi sesama kita.”

Menutup homilinya, Bapa Uskup berpesan: kita hendaknya bangga sebagai anak Allah. Mari menghayati hidup bersadarkan Roh Tuhan. Roh Tuhan adalah Roh yang mengasihi, mencintai, menciptakan perdamaian, dan bermurah hati. Kita memang manusia yang lemah dan berdosa tapi kita juga adalah manusia lemah yang dikuatkan oleh Roh Allah itu untuk melakukan hal yang baik. Semoga kita semua menjadi persatuan umat beriman yang saling mendukung, saling mendoakan, dan bersyukur serta saling bekerjasama untuk menguatkan iman kita bersama sebagai pribadi yang dikasihi Allah.”

            Dalam sambutannya, Romo Dionisius Adi, Romo Paroki Bunda Maria Ratu, mengungkapkan kesan dan harapannya, bahwa semua umat di paroki Bunda Maria Ratu sudah berjuang dengan jerih payahnya dan menjadi bagian dari sejarah yang istimewa ini. Oleh karena itu, Romo Dion berharap agar semua umat turut berproses dan menyelesaikan segala sesuatunya dengan baik dan penuh sukacita.

            Dalam perayaan ini juga diadakan pelantikan DPP, DKP dan Anggota PGPM Paroki Bunda Maria Ratu untuk mengawali gerak paroki ini selanjutnya. Selamat untuk seluruh umat Paroki Bunda Maria Ratu – Sukatani, Depok dan Keuskupan Sufragan Bogor. (red – Fr. Mario)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.