Rapat Kerja Komisi Keuskupan Sufragan Bogor

Pada tangal 23-24 April 2021 diadakan Rapat Kerja Komisi-komisi Keuskupan Bogor. Kegiatan ini diadakan di komplek sekolah Marsudiri Bogor. Kegiatan dimulai pukul 16.50 WIB dengan dibuka doa oleh RD. Yohanes Suparta (Vikaris Jendral Keuskupan Sufragan Bogor). Setelah Doa dan absensi kehadiran, dilanjutkan pengantar dari Mgr. Paskalis Bruno Syukur. Beliau menyampaikan kegembiraannya bahwa dalam penggembalaan di Keuskupan dibantu banyak personel, sehingga diharapkan ini memudahkan karya penggembalaan Bapa Uskup. Bapa Uskup meminta semua memahami karya penggembalaan keuskupan yang telah dimulai dengan Sinode II Keuskupan Sufragan Bogor. Pastoral Transformatif harus menjadi semangat yang diusung untuk komisi-komisi membahasakan dalam program kerja yang dibuat. “Apakah ada hal-hal baru yang bisa kita hidupkan” ujar Mgr. Paskalis. Beliau meminta kerjasama antar komisi semakin ditumbuhkan. Arah gerak komisi-komisi oleh Bapa Uskup diharapkan pada kegiatan tingkat dekanat-dekanat dan paroki-paroki.

Setelah pengantar dari Mgr. Paskalis, dilanjutkan sesi penjelasan seputar Keuskupan Sufragan Bogor dan komisinya oleh RD Yohanes Suparta. Romo Vikjen juga menyampaikan secara sekilas rencana kerja yang sudah dibuat komisi-komisi.. Setelah ibadat sore dan makan malam, kegiatan dilanjutkan dengan membedah program kerja komisi-komisi untuk diulas bersama berdasarkan kebijakan pastoral transformatif yang mengarah kepada kebaruan dan sifat animatifnya. Sinkronisasi program akhirnya diadakan berdasarkan  bidang yang ada, yaitu : kemasyarakatan, pelayanan, pendampingan iman, dan  pendampingan hidup. Sebelum dilanjutkan dengan istirahat, peserta menutup kegiatan hari pertama dengan ibadat malam.

Pada hari kedua, kegiatan dimulai dengan ibadat pagi dan misa di kapel asrama Marsudirini. Setelah sarapan, pukul 08:00 dilanjutkan dengan diskusi per bidang sebagai kelanjutan diskusi hari pertama. Pukul 10:30 peserta rapat kerja  mempresentasikan hasil diskusi bersama. Rapat Kerja Komisi Keuskupan Sufragan Bogor diakhiri makan siang pukul 11.50. (KOMSOS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: