Dekanat Baru Keuskupan Sufragan Bogor

            Pagi hari ini pada pukul 10.00 WIB diadakan pertemuan virtual via zoom yakni pertemuan Dekanat Tengah Keuskupan Sufragan Bogor. Pertemuan kali ini juga dihadiri oleh Mgr Paskalis Bruno Syukur dan para Imam serta para Frater yang berkarya di Dekanat Tengah Keuskupan Sufragan Bogor. Pertemuan ini membahas tentang pembaharuan atau pemekaran Dekanat Tengah yang sekarang ditambah dengan Dekanat Timur.

            Dalam kesempatan ini Bapak Uskup menerangkan bahwa pembaharuan hendak terus-menerus dilakukan selain pembaharuan diri sendiri, pembaharuan dalam hal kepentingan keuskupan misal komisi, dan juga aspek pelayanan pastoral lainnya. Dikatakan demikian agar Gereja tetap menampilkan wajah baru untuk menyikapi hal-hal yang terkait dengan pengembangan iman umat di Keuskupan Sufragan Bogor ini.

Paroki-paroki yang berada di Dekanat Tengah sekarang terbagi dua sehingga ada yang masuk dalam Dekanat Timur. Dekanat Tengah semula berjumlah sebelas paroki, sekarang berjumlah 7 paroki ditambah dengan Seminari Menengah Stella Maris – Kahuripan, Seminari Tinggi Santo Petrus-Paulus – Keuskupan Bogor, gereja mahasiswa, Wisma Ahmad Yani, dan Puspas. Ketujuh paroki itu diantaranya ialah paroki BMV Katedral – Bogor, Paroki St Fransiskus dari Asisi – Sukasari, Paroki Santo Joannes Baptista – Parung, Paroki Santo Yakobus Rasul – Megamendung, Paroki Santo Ignatius Loyola – Semplak, Paroki Santa Maria Fatima – Sentul City, dan Paroki Santa Faustina, Bojong Gede. Sedangkan untuk Dekanat Timur ada 4 Paroki yakni Paroki Keluarga Kudus – Cibinong, Paroki Santo Andreas – Sukaraja, Paroki Bunda Maria Segala Bangsa – Kota Wisata, dan Paroki Hati Kudus Yesus – Jonggol. Demikian pembagian paroki-paroki ini dibacakan oleh RD Marselinus Wisnu Wardhana sebagai sekjen Keuskupan Sufragan Bogor.

Seperti dekanat-dekanat yang lain, diadakan pula pemilihan Dekan untuk wilayah Dekanat Timur Keuskupan Sufragan Bogor. Tentu calon nya ialah para Romo yang berkarya di paroki masing-masing dalam wilayah yang sudah dipilih menjadi dan masuk dalam Dekanat Timur. Terpilih-lah RD Aloysius Tri Harjono untuk Romo Dekan di Dekanat Timur.

Proficiat untuk Keuskupan Sufragan Bogor. Semoga dengan ini semua karya dan pelayanan Kristus sungguh menghadirkan sukacita bagi Tuhan dan sesama.

Tuhan Memberkati                                                                                           

     (KOMSOS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: