76 Tahun Pemuda Katolik – Uskup Bogor: Kaderisasi untuk Menjaga Kehidupan Organisasi

Bertepatan Dies Natalis Pemuda Katolik ke-76 tahun, kader Pemuda Katolik se-Keuskupan Bogor melakukan audiensi dengan Uskup Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM di Pusat Pastoral Keuskupan Bogor, Jl. Kapten Muslihat No. 22, Kota Bogor, Senin Malam (15/11/21).

Dalam pertemuan tersebut, turut dihadiri para Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) dari beberapa daerah yaitu diantaranya Eduardus Estuaji Enggar Bawono, SH (Kota Bogor), Padro Franciscus, SH (Kabupaten Bogor), Cornelia Eveline Cabuy, M.IP (Kota Depok), dan Elias Bere, SH (Kota Sukabumi) sedangkan Kabupaten Sukabumi diwakili Sekretaris Komcab Veronika Lince.

Turut mendampingi pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Jawa Barat hadir Ketua Pemuda Katolik (Komda) Jawa Barat Edi Silaban, S.Kom, Sekretaris Komda Reginal Robert Capah, Koordinator Bogor Raya Robertus Gatot, SH.

Pertemuan ini utamanya sebagai ajang silahturahmi sekaligus memperkenalkan kepengurusan baru Pemuda Katolik yang bernaung dilingkungan Keuskupan Bogor kepada Uskup Bogor.

Uskup Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Pemuda Katolik harus mempu mengambil peran utama dalam setiap sendi kemasyarakatan sebagai wakil orang muda katolik agar orang muda mampu mendapatkan posisi strategis dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Pentingnya kederisasi agar kehidupan organisasi dapat berjalan dengan baik dan mampu melahirkan para kader muda yang memiliki dedikasi tinggi dan berkualitas. Pemuda Katolik juga diharapkan mampu melihat isu-isu kedaerahan dan turut serta mengambil bagian sebagai bentuk partisipasi Pemuda Katolik dalam dunia kemasyarakatan” ungkap Uskup Bogor.

Pemuda Katolik, lanjut Uskup, harus mampu membangun komunikasi yang baik dengan pemerintahan dan kelompok terkecil di daerah setempat sehingga Pemuda Katolik dapat eksis dan diakui keberadaannya baik oleh pemerintah maupun masyarakat. “Apresiasi Pemuda Katolik di Keuskupan Bogor sudah semakin di koordinir dengan baik” tambahnya.

Ketua Pemuda Katolik (Komda) Jawa Barat Edi Silaban dalam paparan menyampaikan berbagai progres diantara arah gerak Pemuda Katolik, sensus kader, dan menyampaikan proses distribusi kader di SKPP Bawaslu RI, Pelatihan Kewirausahaan di Jombang, serta Pelatihan Satgas Covid-19 beberapa waktu lalu.

“Ucapan terimakasih kami kepada Bapa Uskup dapat menyempatkan bersilaturahmi dengan para kader se-Keuskupan Bogor. Semoga transformasi Pemuda Katolik ini dapat terus berjalan dan berbuah bersama-sama hirarki” tandas Edi.

Dalam agenda audiensi disampaikan rencana pelantikan gabungan tiga Komisariat Cabang di lingkungan Keuskupan Bogor direncanakan akan dilaksanakan pada awal Desember 2021.

Diakhir pertemuan, Pemuda Katolik yang juga merayakan Dies Natalis ke 76 tahun merayakan dengan sederhana. Upacara tiup lilin diwakili oleh Ketua Komda Jabar, Edi Silaban bersama Uskup Bogor.

Sebelum acara penutupan dengan Bapa Uskup, Secara simbolik Ketua Komda Jabar juga menyerahkan buku karya Pengurus Pusat Pemuda Katolik yang berjudul “Dari Gereja Mengabdi untuk Bangsa” pada Uskup Bogor sebagai kenangan 76 tahun Pemuda Katolik.

Pemuda Katolik Komda Jabar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.