71th Seminari Menengah Stella Maris Keuskupan Sufragan Bogor

Seminari Menengah Stella Maris, Bogor – 28 November 2021, kembali menghadirkan moment berharga yang indah dan tak terlupakan. Perayaan berharga ini ialah menysukuri Hari Ulang Tahun Seminari Menengah Stella Maris – Bogor, yang ke 71. Tema yang dipilih ialah Un Ritorno Al Passato. Tema ini kurang lebih artinya ialah napak tilas untuk melihat perkembangan Seminari Menengah Stella Maris dari empat periode. Proses pendidikan yang ada dan berada di setiap periodenya tentu sangat berperan menumbuhkembangkan panggilan bagi mereka yang ingin menjadi Imam. Sukacita dan semarak sungguh terasa saat itu dengan acara yang dikemas secara berbeda bersama dengan seluruh pihak yang terlibat dalam perayaan syukur ini. Proses acara dikemas dengan menarik oleh staff dan juga para seminaris dari Seminari Menengah Stella Maris yang diawali dengan Perayaan Ekaristi bersama. Lalu, dalam perayaan ini pun turut hadir tamu-tamu istimewa yakni para Romo yang berkarya di Dekanat Tengah dan kepala perwakilan yayasan (sekolah) serta hadir pula Suster-suster dari kongregasi OSF yang berkarya di Sekolah Marsudirini. Tidak hanya itu saja, turut hadir pula yakni perwakilan OMK yang ada di Dekanat Tengah. Lalu, sebagai ungkapan syukur dan rasa terima kasih banyak untuk perayaan ini, komunitas Seminari Menengah Stella Maris mengundang dengan hormat yakni perwakilan Guru dari sekolah-sekolah (Regina Pacis, SMP Mardi Yuana Cicurug, SMP/SMA Mardi Yuana Bogor, SMP/SMA Budi Mulia Bogor, SMA Marsudirini) yang pernah menjadi tempat pendidikan bagi para seminaris Seminari Menengah Stella Maris.

            Perayaan syukur ini diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dipersembahkan oleh RD Yohanes Suparta, RD Jeremias Uskono, RD Yustinus Monang Damanik, RD Yosef Irianto Segu, dan RD Andreas Arie Susanto serta dibantu juga Diakon Wolfgang Amadeus Mario Sara. Romo Parto menyampaikan dalam homili nya yakni Masa Adven adalah bagaimana kita menantikan dan akan menyambut Sang Juruselamat. Kita diajak untuk mempersiapkan diri akan kedatangan Tuhan. Selain itu, kita diajak untuk melihat apakah perwujudan iman kita selama ini sudah baik dan benar atau belum. Sehingga, selanjutnya kita bisa mempersembahkan semua kepada Tuhan untuk suatu hal yang lebih baik lagi. Terkait dengan konteks formasi, seorang Imam itu selalu dalam perjalanan dengan segala kebahagiaan dan kesedihan. Jadilah Imam yang manusiawi.

            Setelah perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan tentu juga diberikan oleh Rektor Seminari Menengah Stella Maris yakni RD Jeremias Uskono. Romo Jeremi mengatakan terkait perayaan atau rangkaian acara HUT Seminari Menengah Stella Maris ini. Beliau menyampaikan ada rangkaian acara sebelum perayaan puncak ini yakni promosi panggilan dan kunjungan ke sekolah-sekolah yang pernah menjadi tempat pendidikan calon Imam bagi Seminari Menengah Stella Maris. Romo Jeremi juga berpesan ‘kami tidak menginginkan apa-apa, selain semoga moment ini mengingatkan para seminaris untuk berterimakasih dan bersyukur akan almamatermu hingga nanti kamu menjadi Imam’.

            Kemudian, acara dilanjutkan melihat video highlight persembahan dari teman-teman seminaris, lalu penyerahan plakat kepada Sr Christella OSF sebagai tanda terima kasih atas kerjasama Seminari Menengah Stella Maris dengan SMA Marsudirini – Bogor, penyerahan plakat kepada Ordo Fratrum Minorum yang diwakili oleh Pater Ignasius Wagut, OFM sebagai tanda terima kasih atas kerjasama karena menjadi tempat pertama kali pendidikan calon Imam Seminari Menengah Stella Maris berada. Lalu, diadakan juga pemotongan kue ulang tahun sebagai ungkapan syukur  Seminari Menengah Stella Maris ke-71. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan foto bersama dan ramah tamah.

            Perayaan ini semakin semarak oleh karena ada bintang tamu yakni Brigitha Meliala Sembiring atau akrab dipanggil Gita. Gita adalah salah seorang OMK dari Paroki Santo Thomas, Kelapa Dua dan selebgram cantik yang bersuara merdu. Gita mempersembahkan suara emas nya dengan membawakan beberapa lagu begitu juga dari para seminari yang tentunya semakin membuat malam itu dipenuhi sukacita yang luar biasa. Semua bersenang dan semua bergembira. Selamat Ulang Tahun Seminari Menengah Stella Maris, semoga ini menjadi berkat untuk semuanya.

KAU STELLA MARIS JAYA ABADI”

KOMSOS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.