Kesadaran untuk Menyapa

Sabtu, 11 Desember 2021

Hari biasa adven kedua

Sir. 48:1-4,9-11

Mzm. 80:2ac,3b,15-16,18-19;

Mat. 17:10-13

Dalam kehidupan sehari-hari terkadang ada kenalan yang menyapa kita di tengah perjalanan, tetapi kita tidak langsung ngeh siapa dia. Kita butuh waktu untuk mengingat siapa nama orang tersebut dan kesadaran kalau ada orang yang menyapa di tengah jalan. Baru ketika sudah ingat, kita pun dapat membalas sapaan tersebut dan bercengkerama.

Injil pada hari ini menegaskan soal kesiap-sediaan orang-orang dalam kedatangan Yesus. Dalam Injil, Yesus menceritakan bagaimana ketika Elia sudah datang kepada bangsa Israel tetapi banyak orang yang tidak mengenalnya, bahkan tidak menerima Elia sebagai nabi utusan dari Allah.

Di minggu adven kedua ini, kita semakin dekat dengan hari kelahiran Tuhan Yesus. Yesus yang hadir dalam sejarah perjalanan hidup kita. Pertanyaan yang dapat kita ajukan pada diri sendiri adalah apakah kita sudah siap dan ngeh jika Yesus akan hadir di dunia ini? Atau malah peristiwa kelahiran Yesus adalah hari biasa saja. Jika kita menganggap kelahiran Yesus adalah hari biasa saja, natal yang dirayakan hanya sekadar perayaan dan selebrasi. Tidak ada makna yang mendalam bahwa kita mendapatkan Sang Juru Selamat. Semoga kita semakin mempersiapkan hati agar ngeh terhadap kedatangan Yesus nanti.

Fr. Ignatius Bahtiar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!