Rapat Komisi-Komisi Keuskupan Sufragan Bogor

Keuskupan Sufragan Bogor – Puspanita, 10-11 Desember 2021. Komisi-komisi Keuskupan Sufragan Bogor mengadakan rapat kerja. Kegiatan ini berisi pemaparan kegiatan dan evaluasi kegiatan selama kurang lebih beberapa bulan ini, serta langkah kedepan apa yang diambil untuk semakin memajukan karya pastoral di lima bidang kehidupan menggereja (Pelayanan, Persekutuan, Kesaksian, Pewartaan, Pengudusan). Kegiatan bersama ini dilaksanakan selama dua hari dari hari Jumat-Sabtu, 10-11 Desember 2021 dan bertempat di Rumah retret Puspanita, Ciawi. Kegiatan ini dihadiri oleh kordinator bidang dan wakil serta tim dari tiap bidang kehidupan menggereja. Setiap komisi diwakili oleh 2-3 orang. Mereka yang hadir yakni Mgr Paskalis Bruno Syukur, beberapa Imam, para umat, teman-teman dari Gereja Mahasiswa. Kegiatan ini pun juga didukung oleh para suster yang mengelola rumah retret puspanita ini karena menyediakan segala kebutuhan dari raker ini. Semua perwakilan komisi ini mengikuti acara tentu dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Beberapa diantaranya ialah mengenaik cek suhu, scan barcode pedulilindungi, dan lain-lain.

Rangkaian kegiatan ini dimulai pada pukul 16.30 WIB dengan registrasi dan snack sore. Setelah itu dilanjutkan dengan pengantar oleh Mgr Paskalis Bruno Syukur. Dalam kurun waktu satu setengah jam itu Bapak Uskup menyampaikan hal-hal yang menjadi perhatian dalam kerja komisi yang ada ini. Beberapa hal yang disampaikan ialah agar semua yang terlibat ini sungguh memperhatikan transformasi dari pelayanan itu sendiri. Sehingga tidak hanya soal pertemuan dan kegiatannya berjalan, namun relasi dengan warga sekitarnya yang tentu sangat baik. Selain itu, Bapak Uskup juga mengatakan yakni bagaimana kita mampu bekerja dengan mempertahankan yang baik dan ber-continuitas. Dikarenakan ini berjalan bersama, sehingga penting juga memperhatikan selalu aspek communio itu sendiri. Hendaknya saling membantu sama lain dan apabila perlu silahkan me-regenerasi demi SDM yang terus-menerus ada.

Tahun Pastoral 2022 : Tahun Ekaristi, Toleransi dari Pemerintah, dan Semangat Sinodal (berjalan bersama).

Menyikapi tahun pastoral 2022 ini, Bapak Uskup juga berpesan agar kita semua hendaknya membaur dalam arus kehidupan bangsa mengenai kebersatuan dan keragaman. Kemudian, dalam hal berpastoral tentu baik untuk saling bersinergi antar komisi dan mau membangun sosial kemasyarakatan yang lebih baik lagi. Demi mengupayakan gerak bersama, kita perlu untuk memberikan diri agar dapat saling membantu sama lain dalam karya dan pelayanan.

Setelah mendapat pemaparan dari Bapak Uskup, kegiatan dilanjutkan dengan Ibadat Sore bersama yang dipimpin oleh Diakon Wolfgang Amadeus Mario Sara dan ditutup berkat dari Bapak Uskup.

Sabtu, 11 Desember 2021

Mengawali kegiatan pada Sabtu, 11 Desember 2021, pagi hari – diadakan juga Perayaan Ekaristi pada hari sabtu pagi untuk mengawali kegiatan selanjutnya.

Dalam kesempatan baik ini pun setiap kordinator bidang juga memaparkan laporan kerja untuk semua yang sudah dilakukan selama ini dan evaluasi serta rencana-rencana kedepannya demi suatu hal yang baik dalam berpastoral. Setiap kordinator bidang dikumpulkan dalam satu kelompok bersama dengan tim atau komisi-komisi untuk membentuk rencana kegiatan yang akan diadakan dalam setiap bidangnya. Harapannya ialah semoga semua ini juga dapat menyapa dan menjawab kebutuhan umat saat ini serta menumbuhkembangkan iman umat sekalian.

RD Yohanes Suparta juga menyampaikan hal yang baik ialah marilah berkomunikasi akan segala keperluan yang dibutuhkan oleh setiap komisi dan beliau juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu dan mendukung rangkaian acara selama dua hari ini.

Semoga dengan raker ini kita semua selalu mampu untuk berjalan bersama dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

KOMSOS

One thought on “Rapat Komisi-Komisi Keuskupan Sufragan Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!