Transformasi Keluarga dalam Doa dan Pelayanan

Keuskupan Sufragan Bogor – Minggu, 02 Januari 2022 yang bertempat di Pusat Pastoral Keuskupan Sufragan Bogor diadakan Perayaan Syukur bagi setiap pasangan keluarga untuk semakin meneguhkan panggilan hidupnya sebagai sebuah keluarga yang utuh. Syukur ini diadakan dengan Perayaan Ekaristi di Gedung Puspas Lantai 4 dengan peserta atau pasangan keluarga yang cukup banyak dari berbagai paroki di Keuskupan Sufragan Bogor ini. Panitia dari perayaan ini ialah tentu dari semua perhatian pasangan keluarga Katolik ini yang saling melayani satu sama lain. Peserta yang hadir diperkirakan ada 146 peserta. Tema yang dipakai dan menjadi semangat bersama saat itu ialah Transformasi Keluarga dalam Doa dan Pelayanan.

            Sebelum memulai perayaan Ekaristi, setiap pasangan beserta keluarganya melaksanakan proses registrasi dengan disertai protokol kesehatan yang tepat. Pemakaian masker dan alat pengukur suhu juga menjadi beberapa hal yang dipakai untuk menjalankan protokol kesehatan ini. Pertemuan ini pun menjadi hal yang dirindukan oleh karena lama tidak berjumpa. Dengan demikian terlihat bahwa ketika setiap keluarga bertemu dengan yang lain, mereka berbincang dan bercanda bersama. Gedung puspas lantai 4 ini benar-benar penuh dengan keluarga-keluarga yang mempunyai semangat untuk berjumpa dan berdinamika bersama.

            Acara dimulai dengan Perayaan Ekaristi yang dimulai pukul 10.00 WIB. Perayaan Ekaristi ini dipersembahkan oleh Mgr Paskalis Bruno Syukur, RD Alfonsus Sutarno, dan Pater Bonefasius Budiman. Pada bagian pengantar, RD Alfonsus Sutarno sebagai Ketua Komisi Keliuarga menyampaikan dengan tegas yakni kita sebagai satu keluarga utuh ini tentu ditengahnya hadir pula Yesus yang dengan cara-Nya berusaha memberikan yang terbaik bagi setiap keluarga apapun itu keadaannya. Terkait dengan Hari Raya Penampakan Tuhan saat itu, Romo Tarno juga mengajak untuk semua keluarga agar bersama berdoa agar semakin menerima Yesus yang tampak dalam keluarga kita masing-masing.

            Kemudian, Bapak Uskup Mgr Paskalis Bruno Syukur juga menyampaikan sesuatu yang menarik dan bisa direfleksikan bersama didalam keluarga. Bapak Uskup menyampaikan yakni transformasi ke arah yang lebih baik itu perlu dan terus-menerus. Gereja yang selalu baru dengan semangat persaudaraannya ini perlu dijaga. Bapak Uskup menginhgatkan yakni sebagai communio itu hendaknya mau untuk bersama dan membangun komunitas Gereja yang berjalan bersama dan kuat karena saling mendukung dalam peran-nya masing-masing. Dengan demikian, setiap pribadi pun merasa bahwa mereka bersedia berada dalam komunitas ini dan membentuk diri tetap lebih baik lagi walau terkadang ada banyak tantangan didalamnya. Mereka tidak hanya hidup sendirian, oleh karena itu sebagai teman se-perjalanan dalam pertemuan ini semoga setiap pribadi mampu menjadi berkat bagi keluarga dan masyarakat.

            Setelah Perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan ramah tamah serta kejutan untuk RD Alfonsus Sutarno yang berulang tahun pada 27 Desember yang lalu dan dirayakan oleh teman-teman dari Komisi Keluarga ini. Semoga sehat selalu untuk Romo Tarno dan semakin menjadi gembala yang baik serta menjadi berkat untuk semua umatnya. Tuhan Memberkati.

KOMSOS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!