Penyertaan Yesus kepada Pengikutnya yang Percaya

Jumat 6 April 2022

Hari Biasa Pekan Prapaskah V

Bacaan Pertama: Yer 20:10-13

Mzm. 18:2-3a.3b-4.5-6-7

Bacaam Injil: Yoh 10:31-42

Dalam Injil Yohanes telah disuguhkan sebuah peristiwa dimana orang-orang Yahudi ingin melempari Yesus dengan batu. Hal itu mereka lakukan karena menganggap bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh Tuhan ialah menghujat Allah, Yesus menyamakan diriNya sama dengan Allah.

            Saudara-saudara yang terkasih dalam Yesus Kristus, kita sebagai pengikut Yesus sudah seharusnya meneruskan apa yang menjadi pekerjaanNya. Pekerjaan itu tidak lain dan tidak bukan adalah mewartakan kabar gembira ke seluruh dunia. Kabar gembira itu dapat kita wartakan melalui cinta kasih yang kita sebarkan kepada sesama yang ada di sekitar kita. Namun dalam kenyataanya, ketika kita ingin melakukan pekerjaan kita sebagai pengikut Yesus, ada saja hal-hal yang membuat hal itu menjadi terhambat, salah satunya ialah orang-orang yang tidak senang terhadap apa yang kita lakukan sebagai pengikut Yesus. Dalam kaca mata mereka apa saja yang akan kita lakukan pasti akan buruk. Jadi memang nyatanya tidak mudah untuk menjadi pengikut Yesus.

            Namun di dalam ketidakmudahan itu, nabi Yeremia dalam kitabnya telah mengingatkan kita bahwa Tuhan akan menyertai kita seperti pahlawan yang gagah, sebab itu orang-orang yang mengejar kita akan tersandung jatuh dan mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Memang menjadi pengikut Yesus tidaklah mudah, apalagi dalam melakukan pekerjaan kita sebagai seorang pengikutNya. Akan tetapi ketika kita percaya bahwa apa yang kita lakukan itu atas dasar namaNya dan demi kemuliaanNya, maka percayalah bahwa Tuhan Yesus sendirilah yang akan menyertai disetiap langkah kita dan akan mengurus orang-orang yang menghambat kita dalam melakukan pekerjaan kita sebagai pengikutNya.                                                                 

Fr. Christoforus Dominic Fernandez Lamury

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
Enable Notifications OK No thanks