Kristus Sumber Kehidupan

Loading

Rabu,  20 Juli 2022

Hari Biasa XVI

Bacaan Pertama          : Yeremia. 1:1,4-10

Mazmur Tanggapan    : Mazmur. 71:1-2,3-4a,5-6ab,15ab,17

Injil                              : Matius. 13:1-9.

 “Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!”

Saudara-saudari terkasih dalam Tuhan kita Yesus Kristus, setiap pribadi manusia akan selalu memiliki harapan yang terbaik dalam hidup nya masing-masing. Namun dalam realita nya, sering kali kita merasa bahwa kita tidak memiliki hidup yang baik, atau bahkan hidup yang tidak berguna bagi diri kita dan orang lain. Dalam injil hari ini, dikisahkan oleh seorang penabur yang hendak keluar untuk menabur.

Dalam perjalanannya, benih yang hendak ditabur itu jatuh di beberapa tempat. Pertama, sebagian benih itu jatuh di pinggir jalan, lalu datanglah burung dan memakannya sampai habis. Kedua, Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itupun segera tumbuh, karena tanahnya tipis. Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar. Ketiga, sebagian benih jatuh di tengah semak duri, lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati. Terakhir, sebagian  benih jatuh di tanah yang baik lalu berbuah.

Pertanyaan sederhana bagi kita semua adalah jika melihat perumpaan tersebut dan melihat hidup kita sekarang ini, kita berada dalam posisi dan kategori yang seperti apa? Injil hari ini mau menyampaikan bahwa untuk menjadikan hidup ini baik adanya pasti membutuhkan sebuah proses yang begitu panjang. Setiap hal yang kita jalani dalam hidup ini tidak terlepas oleh sebuah proses, baik proses yang membahagiakan maupun proses yang menyakitkan. Semakin kita menikmati proses dalam hidup kita, semakin besar pula hasil yang kita dapatkan. Percayalah bahwa Kristus akan selalu mendampingi kita dalam setiap proses hidup ini. Tuhan tidak akan pernah meninggalkan umat-Nya.

Fr. Gregorius Bryan Edgar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!