Berjalan Bersama, Pemuda Katolik Cianjur Tanggap Bencana

Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Cianjur turut terjun untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Kabupatem Cianjur, Jawa Barat.

Ketua Pemuda Katolik Jawa Barat, Edi Silaban memaparkan bahwa Pemuda Katolik berjalan bersama Paroki Santo Petrus Cianjur dan berbagai elemen sejak hari pertama bencana gempa terjadi di tanggal 21 November 2022.

“Gerakan ini sudah memasuki hari kedua, dimana hari pertama para kader melakukan asesmen awal ke titik-titik lokasi gempa dalam rangka melakukan pendataan korban, dampak bencana, dan kebutuhan. Telah disepakati tim ini disebut sebagai Pos Pelayanan Kemanusiaan Paroki Santo Petrus Cianjur,” kata Edi, (23/11).

Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Cianjur, Alfian Syukur memaparkan tim yang terbentuk akan melakukan langkah-langkah prioritas dalam beberapa waktu kedepan yaitu diantaranya distribusi pangan, obat-obatan dan bantuan medis.

“Asesmen ini dilakukan agar tindakan dan penanganan yang dilakukan dapat efektif dan memenuhi kebutuhan para korban,” terangnga Alfian.

Pos Pelayanan Kemanusiaan Paroki Santo Petrus Cianjur, lanjut Alfian, berpusat di Jalan Siliwangi Nomor 66, Sawah Gede, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur. Pos Pelayanan tersebut diatas memiliki pos penerimaan bantuan logistik, dapur umum, pos pengelolaan relawan, kesehatan, kajian distribusi, koordinasi, dan media center.

Turut terdata dalam pos yang meliputi beberapa unsur diantaranya yaitu Jaringan Caritas Indonesia-Biro Caritas Bogor, WKRI, PMKRI Bandung, LDD KAJ, Tim Relawan dan Medis Universitas Atmajaya, Tim Medis Sint Carolus, OMK Santo Petrus Cianjur, dan Komite Perempuan Indonesia (KPI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!