Rekoleksi Fasilitator, OC dan SC Sinode Para Uskup Keuskupan Sufragan Bogor

Jumat, 29 Oktober 2021, bertempat di aula puspas Keuskupan Sufragan Bogor diadakan rekoleksi untuk para fasilitator, SC, dan OC Sinode dalam rangka mempersiapkan pelaksanaaan sinode di setiap paroki. Rekoleksi ini tentu berisi sosialisasi mengenai materi, hal teknis, dan lainnya yang disajikan dalam rangkaian pelaksanaan sinode. Pertemuan ini dihadiri juga oleh Mgr Paskalis Bruno Syukur, para romo, para suster, dan beberapa umat sebagai panitia pelaksana.

            Pertemuan dibuka dengan ibadat pembuka pada pukul 09.00 WIB yang dipimpin oleh RD Marselinus Wisnu Wardhana. Setelah dibawa kepada permenungan bahwa sinode adalah berjalan bersama, rekoleksi dilanjutkan dengan pemaparan tentang tahapan proses rekoleksi yang berisi seperti ibadat pembuka, pengantar kegiatan, narasi refleksi, doa dan renungan pribadi, sharing, dan penguatan. Lalu, juga disampaikan tentang jadwal kegiatan rekoleksi yang akan dilaksanakan saat proses rekoleksi di setiap paroki. Hal yang juga menjadi perhatian ialah peserta diambil dari mereka yang kurang didengarkan dan terpinggirkan. Dalam permenungan yang nantinya akan dibawa ke paroki-paroki, narasi umum dalam sebuah refleksi lebih ditekankan dan bukan sebuah kajian ilmiah.

            Dalam kesempatan ini, para fasilitator juga dibekali dan diberikan gambaran dalam dinamika per kelompok untuk saling ber-sharing tentang pengalaman sukacita apa yang dirasakan dan bagaimana kita memberi diri untuk orang lain. Dalam hal ini, kita juga diajarkan mendengarkan satu sama lain dalam melihat refleksi-refleksi berharga yang memperkaya satu sama lain.

            Setelah proses sharing bersama, dilanjutkan dengan sesi penguatan dari apa yang menjadi point dari dinamika sharing yang sudah terjadi

            Menutup rekoleksi ini dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi yang dipersembahkan oleh RD Yohanes Suparta. Setelah santapan rohani, para fasilitator santap malam bersama. Pada akhirnya, marilah mendengarkan dan turut berefleksi dalam terang Roh Kudus di dalam proses sinode ini, agar senantiasa memberikan kekuatan untuk mempersembahkan yang terbaik bagi gerejaNya.

KOMSOS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.