Toleransi Antar Umat Beragama, Paroki Santa Faustina Kowalska Ulurkan Cinta Kasih di Bulan Ramadhan

Sabtu (30/4/2022), Bidang Kemasyarakatan Dewan Pastoral Paroki (DPP) Santa Faustina Kowalska, Tajur Halang mengadakan bakti sosial berupa pembagian parsel dan takjil pada Umat Muslim di lingkungan sekitar gereja.

Dalam rangka menyambut Hari Raya Lebaran, Koordinator Bidang Kemasyarakatan, para Ketua Seksi dalam Bidang Kemasyarakatan, perwakilan Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Ranting dibantu oleh para Ketua Rukun Warga (RW), Rukun Tetangga (RT), dan tokoh pemuda setempat, parsel berisi paket sembako dibagikan pada pagi hari dan takjil pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Acara yang turut dihadiri Pastor Paroki, RD Mikail Endro Susanto ini bertempat di rumah Ketua RW dan Kantor Desa Tonjong.

“Jumlah parsel yang dibagikan pada hari ini ada 81 buah, untuk warga sekitar dan para tokoh masyarakat,” ujar Koordinator Bidang Kemasyarakatan, Fransiskus Xaverius Jatmiko.

Ia menambahkan, “Saya berharap keterlibatan Umat Gereja Santa Faustina Kowalska yang terlihat sangat antusias dalam kegiatan seperti ini tetap dijaga, supaya keharmonisan dan kerukunan beragama tercipta, juga terjalin komunikasi yang baik antara umat bergama.”

Para Ketua Seksi yang turut berperan lansung dalam bakti sosial ini antara lain Seksi Kerasulan dan Awam, Seksi Justice and Peace, dan Seksi Mitra Perempuan.

Dalam kata sambutannya, Romo Endro beterima kasih kepada ketua RW, para ketua RT, serta warga sekitar yang sudah bersedia hadir. “Program ini bukan menjadi program kewajiban gereja, bukan juga menjadi keharusan setiap tahun. Pelaksanaan program ini bukan semata-mata dari gereja melainkan uluran tangan kasih dari umat. Pada Lebaran kali ini kami menitipkan rezeki lewat ‘tangan-tangan Tuhan’ untuk disalurkan pada orang-orang yang sangat membutuhkan,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini tujuan utamanya adalah berbagi cinta kasih. Pandemi Covid-19 yang kita hadapi bersama ini berdampak ke segala hal, baik kehidupan beribadah maupun kehidupan ekonomi. Maka, Bapa Paus Fransiskus menghimbau kepada Gereja dan Umat Katolik untuk menumbuhkan semangat cinta kasih pada sesama. “Tentu semua agama mengajarkan kasih. Agama Muslim megajarkan kasih, Budha mengajarkan kasih, Kristen dan Katolik juga mengajarkan kasih. Tidak ada agama yang mengajarkan kebencian dan keributan, karena ajaran kasih itu damai dan sejahtera,” tambah Romo Endro.

Kegiatan bakti sosial yang selesai pada pukul 12.00 WIB dilanjutkan dengan pembagian takjil pada pukul 16.30 hingga 17.45 WIB di sekitar Kantor Desa Tonjong. Sebanyak 50 dari total 215 kotak takjil diantarkan secara langsung ke Masjid Jami Al-Ikhlas, Tajur Halang, kemudian diterima oleh Abdullah, perwakilan dari masjid tersebut untuk dibagikan pada Umat Muslim yang akan beribadah dan berbuka puasa.

Jais R. Lawe, anggota kepolisian Polsek Tajur Halang turut membantu mengatur lalu lintas pada saat pembagian takjil. Keberlangsungan dan kelanjutan adanya kegiatan seperti ini mejadi peran dan tanggung jawab seluruh anggota Gereja Katolik, baik sebagai anggota dalam DPP, DKP, organisasi kemasyarakatan, dan berbagai organisasi yang ada dalam maupun luar gereja.

Kegiatan ini juga mengajarkan kita bagaimana menjaga kekompakan, kerja sama, dan kerukunan antar warga di lingkungan masyarakat dan lingkungan gereja.

Mari menyatukan hati pikiran untuk mewujudkan kasih nyata dalam kehidupan sebagai sebagi umat beragama.

Tim Komsos Paroki Santa Faustina Kowalska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!