Pelaksanaan Seminar Ekaristi Di Dekanat Selatan

KEUSKUPANBOGOR.ORG- Bidang Pembinaan Iman Keuskupan Bogor kembali menggelar seminar yang bertema “Mengenal, Merayakan dan Menghidupi Ekaristi.” kali ini, seminar diadakan di Dekanat Selatan dan bertempat di Aula Paroki Santo Joseph-Sukabumi. Seminar dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 dan dihadiri sebanyak 98 peserta dari berbagai paroki di Dekanat Selatan. 

Dekanat Selatan menjadi tempat kedua dilaksanakannya rangkaian Seminar Ekaristi, yang sebelumnya sudah dimulai di Dekanat Tengah. RP Riston Situmorang, OSC yang merupakan Sekretaris Komisi Liturgi Konferensi Waligereja Indonesia kembali didapuk sebagai narasumber. Sebelum memasuki materi utama, kegiatan ini dibuka oleh sambutan dari Pastor Koordinator Bidang Pembinaan Iman yaitu RD Andreas Bramantyo.

Dalam sambutannya, Pastor Andre mengungkapkan bahwa seminar ini diharapkan mampu mengangkat liturgi ekaristi agar semakin dirayakan dan dihidupi oleh umat. Selain itu, RD Stefanus Sri Haryono Putro selaku Pastor Dekan Dekanat Selatan dan juga RD Paulus Haruna selaku Ketua Komisi Liturgi Keuskupan Bogor turut hadir dalam seminar ini. 

Pastor Riston memulai materinya dengan mengajak para peserta untuk bersama melihat Perayaan Ekaristi tidak melulu masalah “boleh – tidak atau benar – salah” melainkan apakah Perayaan Ekaristi itu Verum, Bonum, dan Pulchrum? Selanjutnya, Pastor Riston memperdalam materinya mengenai bagaimana Ekaristi dikenal, dirayakan dan dihidupi oleh seluruh umat beriman.

Rangkaian seminar ditutup dengan Perayaan Ekaristi yang diadakan secara konselebrasi. RP Riston Situmorang, OSC sebagai selebran utama didampingi RD Stefanus Sri Haryono Putro, RD Yustinus Monang Damanik, dan RD Andreas Bramantyo.

Monica Apriyani-Staff Komisi Kateketik Keuskupan Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!