Misa Dedikasi Altar dan Gedung Gereja Paroki Santo Petrus Cianjur Pasca Renovasi Akibat Gempa

Loading

keuskupanbogor.org – Pasca terdampak bencana gempa pada tahun 2022 lalu, Gereja Paroki Santo Petrus, Cianjur terus berbenah dengan melakukan renovasi terhadap gedung gereja demi mewujudkan rumah ibadah yang nyaman dan dapat memfasilitasi umat dalam beribadah maupun berkegiatan. Renovasi yang dimulai sejak tahun 2023 lalu ini, kini sudah selesai dan pada hari Kamis sore tepatnya pada tanggal 22 Februari 2024 diadakan Misa Dedikasi altar dan gedung gereja, serta pemberkatan gedung pastoran.

Rangkaian kegiatan diawali dengan seremoni perarakan dengan tari-tarian yang kemudian dilanjutkan dengan prosesi membuka kunci pintu gereja pasca renovasi. Kemudian dilakukan pemberkatan dan pemercikan salib, ambo, dan dinding gereja. 

Untuk Kemuliaan Tuhan

Misa Dedikasi yang bertepatan dengan Pesta Takhta Santo Petrus Rasul ini dirayakan secara konselebrasi dan dipimpin oleh Mgr Paskalis Bruno Syukur.

Dalam khotbahnya, Monsinyur Paskalis menyampaikan bahwa Pastor dan para umat di Paroki Santo Petrus Cianjur telah berjalan bersama untuk berjuang dalam membangun kembali gedung gereja dengan memiliki spirit untuk memperbaiki rumah Tuhan. 

“Tentunya dengan bantuan banyak orang-orang yang berbelas kasih pada paroki ini. Orang-orang tersebut menjawab panggilan Tuhan untuk membantu proses pembangunan kembali gereja ini,” ujar Monsinyur Paskalis.

Uskup Keuskupan Bogor tersebut pun mengatakan bahwa gedung gereja secara khusus diabdikan dan dikhususkan kepada Tuhan untuk menghormati-Nya. Gedung gereja diperuntukkan untuk memuji dan menyembah Tuhan, maka kita persembahkan dan dedikasikan dengan upacara khusus serta pemberkatan untuk kemuliaan Tuhan.

“Apapun yang kita lakukan dan karyakan haruslah terarah kepada Tuhan, semoga gereja ini menjadi tempat kita mendapatkan berkat dan rahmat. Tuhan mengutus kita untuk melakukan kebaikan-kebaikan, dan semoga dengan menyampaikan kebaikan-kebaikan orang lain dapat tergerak untuk mengikuti Kristus,”pesan Sekretaris Jenderal Konferensi Waligereja Indonesia tersebut.

Usai homili yang disampaikan oleh Monsinyur Paskalis, dilanjutkan dengan pembacaan litani orang kudus, pendarasan doa dedikasi, pengurapan altar serta dinding gereja, pendupaan altar dan gereja, serta pencahayaan lilin. 

Perayaan Ulang Tahun Uskup  
Pada hari ini bertepatan juga dengan ulang tahun tahbisan episkopal dari Monsinyur Paskalis yang ke 10. Para Pastor, Suster, serta umat yang hadir turut merayakan dan bersukacita atas peristiwa penuh syukur ini melalui acara ramah tamah yang diadakan usai Misa. 

One thought on “Misa Dedikasi Altar dan Gedung Gereja Paroki Santo Petrus Cianjur Pasca Renovasi Akibat Gempa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!