Kegiatan Belajar Bersama Crew Komsos Indonesia

Komisi Komunikasi Sosial Konferensi Waligereja Indonesia (Komsos KWI) kembali menggelar kegiatan belajar bersama yang diikuti oleh para pegiat Komsos se-Indonesia pada hari Jumat, 26 November 2021 pada pukul 08.30-12.00 WIB. Kegiatan belajar bersama yang berlangsung secara daring dan diakses melalui aplikasi zoom meeting ini dibagi menjadi dua sesi. 

Sesi pertama membahas mengenai Encourage Sharing yang berbicara mengenai media sosial dan keunikan atau karakteristik yang dimiliki. Sesi kedua membahas mengenai Get Found yaitu mengenai strategi agar berita dan konten yang sudah diunggah pada website ataupun media sosial mudah ditemukan di search engine atau mesin pencarian di internet. 

Materi ini dibawakan oleh Prof. Richardus Eko Indrajit selaku anggota aktif Komsos KWI. Kegiatan ini menjadi sebuah sarana bagi para pegiat Komsos untuk belajar bersama dalam menambah pengetahuan terkait bagaimana agar website dan media sosial yang menjadi sarana pewartaan mudah ditemukan di mesin pencarian internet. Selain itu, para pegiat Komsos pun juga diajak untuk belajar mengoptimatisasi Search Engine Optimization (SEO) agar website yang dimiliki dapat efektif serta banyak pengunjung. Tidak hanya memaparkan materi, Prof. Richardus Eko Indrajit juga mengajak peserta untuk mempraktekan langsung ilmu yang didapat pada kegiatan ini. 

“Dalam media sosial, berita sebagus apapun tidak akan terjangkau kepada khalayak luas apabila kita tidak menggunakan strategi agar berita atau konten yang kita buat ini dapat ditemukan di search engine atau mesin pencarian internet. Selain itu, pengelolaan website di era digital oleh para pegiat Komsos harus dilakukan secara serius dan tekun agar website yang merupakan media pewartaan dapat get found dan terjangkau oleh banyak pengunjung di website kita,” tutur Prof Richardus Eko Indrajit. 

Sarana Pengembangan Diri 

RD Steven Lalu selaku Sekretatis Eksekutif Komsos KWI mengatakan bahwa kegiatan belajar bersama crew Komsos Indonesia ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Hari Studi Bersama yang telah dilaksanakan pada waktu lalu (klik disini). Kegiatan belajar bersama kali ini berfokus pada pengembangan media pewartaan para pegiat Komsos seperti website dan media sosial. 

Pertanyaan besar dalam karya komsos pada masa sekarang ini adalah apakah konten gerejawi mudah ditemukan di dalam internet? untuk itu maka perlu ada strategi agar pewartaan komunikasi sosial semakin meluas. 

Selain itu, lebih lanjut RD Steven Lalu mengatakan bahwa dalam menjalani pelayanan dalam karya komunikasi sosial perlu juga untuk terus mengembangkan profesionalitas serta pengembangan kapasitas diri agar semakin berkembang dalam karya pewartaan di bidang komunikasi sosial. 

Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.